Pengalaman Audisi DA3 (Dangdut Academy 3) 2015

Hy...Dangdut Academy Mania hehehe, berhubung saat ini sedang diadakan Audisi DA4 di beberapa Kota Besar di Indonesia (tapi jakarta masih coming soon ya) nah gw mau berbagi nih seputar audisi DA3 wilayah Jakarta tahun kemarin.karena bagi yang mau Audisi DA4 beberapa orang pasti akan cari-cari di Mbah Google seputar pengalaman orang-orang yang pernah ikut Audisi Dangdut Academy, untuk perkiraan seperti apa audisinya ya kan ya kan ya kan, Iyaptssss gw ikut audisi DA3(Dangdut Academy 3) wilayah Jakarta tepatnya pada tanggal 6 desember 2015 hahaha Gw sok pd, sok bisa, sok2an ikut audisi.biarinnnnnn namanya juga berusaha.hehehe


Thn 2003 atau 2004, gw pernah ikut audisi serupa di salah satu TV yang kini berganti nama, dimana usia gw saat itu sangatttt beliaaa, dimana saat itu jiwa nekat yang ada digw meledak2 gak karuan. Tapi tujuannya saat itu hanya ingin menambah pengalaman, mau tau rasanya audisi.mau lolos atau gak, belakangan. Yang penting maju aja dulu.

Nah untuk kali ini alasan gw ikut audisi DA3 karena gw mau tau lagi rasanya audisi menyanyi dan ngareppppp banget untuk Lolos demi kebahagian bersama...bersama keluarga dan sekitar ehhehehe (beda sama tujuan waktu audisi menyanyi zaman belia dulu) Gak tau kenapa gw yang udah lama gak audisi mendadak pingin rasain audisi lagi, hahaha gw udah ketar ketir telat datangnya karena kalau dulu gw datangnya ontime plus ditemani nyokap gw. Kali ini gw datang sendiri and telat dari jam dibukanya audisi, dari rumah gw berangkat jam 08.00 pagi diantar ke stasiun UI (Universitas Indonesia) sama abang (Suami). 

Jadi rute ke studio 5 indosiar kalau dari depok, naik K.A dari stasiun UI, turun di Stasiun Duri Kemudian transit ke Stasiun Pesing nah turun deh disini lalu naik Ojek menuju studio 5 indosiar (bayar ojeknya Rp. 10.000) gw lebihin 5000 buat abang ojeknya. Tapiiii pas distasiun duri nunggu kereta untuk ke stasiun pesingnya lamaaaa banget, karena ada kecelakaan antara kereta dan metromini atau kopaja.sempet bt, sempet gimana2 dan dudulnya tiket gw Cuma sampai stasiun duri, harusnya pesing, tujuan akhirnya kan pesing bukan duri. ini akibat kelupaan gw.

Setelah berpanas-panas ria, akhirnya kereta tujuan stasiun pesing sampai juga, dan naiklah gw, hanya melewati 2 stasiun gw udah sampai distasiun pesing, karena gw takut kena refund karena tiket gw tidak sesuai dengan tempat terakhir gw turun, akhirnya gw tanya ke petugas keretanya. Dan akhirnya gw gak kena Refund, tapi uang jaminan gw gak bisa balik.yasdhlah masih lebih baik daripada kena refund Rp. 50.000,- (lumayan buat beli Pulsa)

Sampai sana, ada mas-mas yang jualin formulir pendaftaran plus jadi satu sama map seharga Rp. 15.000 – Rp. 25.000, dimana formulir itu ada 2 lembar, yang seharusnya hanya 1 lembar jadi bolak balik diprint sama mas2 penjualnya.
Gw baca dibagian belakang formulirnya dan disana  pihak indosiar mencantumkan bahwa formulir hanya terdiri dari 1 lembar. Gw sih udah siapin formulir, dan photo seluruh badan ukuran post card. Tapi ada yang gw lupa, gw gak bawa cemilan.hahaha siap2 deh kelaparan kalau gak bawa cemilan.
Didalam banyak peserta yang cantik-cantik, ganteng-ganteng, aneh-aneh, and biasa-biasapun ada. Ada yang bawa gitar, ada yang bawa orang tua, ada yang bawa pasangan. Gw doank yang sendiriannnnn...

Kenapa gw berangkat sendiri, karena gw gak mau merepotkan orang yang anter gw, pertama pasti kepanasan, bt, dan lapar karena antri.antrinya kan berdiri.cukup gw yang merasakannya jangan keluarga or teman gw. Hehehe
Gw celingak-celinguk dengan wajah bingung karena masih banyak yang leha-leha juga, yang masih latihan, yang masih dandan, dll. Karena dulu waktu gw audisi menyanyi serupa (beda tv), gw datang langsung ke antrian audisi.

Dan akhirnya gw duduk dibawah tenda yang disediakan,




dimana akhirnya gw kenalan dengan Siti dan sebut ajah leha (yang ini gw lupa namanya) mereka berprofesi sebagai Asisten rumah tangga, kalau yang satu emang niat untuk ikut audisi DA3, tapi yang satu lagi niatnya mau ngelucu biar akhirnya masuk TV. Dan gw gak habis fikir sama niatnya, bercape-cape ria untuk hal itu. Gw sih mendingan dirumah.

Tapi leha baik sama gw, mendadak perut gw sakit karena emang gw gak sempat sarapan dan ini sudah masuk jam makan siang. Ampun perihnya. Dan dia kasih gw roti dan aqua.karena gw bawa aqua.jadi gw terima ajah rotinya.tadinya gw gak mau takutnya dia lapar, tapi lapar mengalahkan segalanya hahaha, jadi gak enak hatiiii kan.tapi ternyata dia bawa makan nasi.ysdh rezeqy jangan ditolak.nah setelah makan kami ngobrol-ngobrol juga dengan peserta lain yang ternyata jauh-jauh dari kota apa gituuu (lupa lagi gw maafkannnn ya) dia sampai menginap disalah satu hotel jakarta demi audisi DA3 dan ternyata dia ini sebenarnya jalur musiknya di POP pernah ikut audisi Indonesian I _ _ _ L Lolos, tapi setelahnya masih disaring sih katanya sampai akhirnya benar-benar muncul di TV Sayangnya dia hanya sampai tahap apa gitu akhirnya dia gak muncul deh di TV. dan tiba-tiba  gw pingin buang air kecil.

Nah waktu sisiti sama leha nungguin gw yang sedang buang air kecil (Penuh banget toiletnya, toilet cw biasa deh bisa pipis bertiga s.d berlima loe hahaha), datanglah 2 gadis nan ayu pinjam pulpen, namanya cici dan sebut aja dara (sorry lupa juga yang satunya namanya siapa). Dara ini abis jemput cici didepan gerbang indosiar.rupanya si dara ini sudah sempat antri audisi tapi karena gak kuat kepanasan dia mundur, akhirnya kami mengajaknya lagi untuk audisi. Dan akhirnya setelah touch-up2 make-up, kamipun antri audisi.

Nah Antriannya ada jalur lambat dan cepat (Fast Track) untuk fast track ini syaratnya membeli paket salah satu brand mie instan (maybe ini adalah salah satu sponsornya) senilai Rp.150.000 (kalau gak salah...pokoknya diatas Rp. 100.000). berhubung gak bawa bawa uang banyak jadi kuerelakan diri ini dijalur lambat hahahah



Sorry nama mie instan nya gw sensor...


Kepanasan, gerah, haus jadi satu rasanya tapiii Alhamdullilahnya gw bawa payung.karena gw kalau kepanasan, kepalanya pusing. Ada payung lumayanlah gak panas-panas banget. Jalan sedikit-sedikit sampai akhirnya sampai dimeja penyerahan formulir, formulir diserahkan, dan nomor audisi loe dapatkan. Owh iya sidara akhirnya mundur lagi loch, bener2 gak kuat dia. Dan ada beberapa peserta lain yang juga mundur, menurut gw sih sayang banget apapaun hasilnya maju ajaaaa.kan gak tau takdir YME apa nantinya. Kalaupun gak lolos seenggaknya loe lebih hebat dari yang yang gak ikut audisi, Keberanian loe udah baguslahhhh.T.O.P.




Nah setelah mendapatkan nomor audisi, terus ngapain? langsung ketemu juri artiskah???
eitsssss tunggu dulu...







loe masih harus antri didepan panggung hiburannya, menungguuuuu lagi.tapi ditempat ini loe bisa nyanyi-nyanyi bareng peserta lain, dan bisa joged2 gaya bebas and kalau loe bisa menuhin tantangan dari Hostnya (bukan rina nose, dkknya ya) loe bisa langsung masuk untuk audisi (yang difikiran gw, akan audisi dengan bunda inul, iis, dkk)




nah pas Lagi nyanyi-nyanyi bareng peserta lain, langkah gw makin maju makin maju, dan hostnya bilang 3...2...1...majuuuuu
Iyahhhhh gw berlari-lari udah kayak simulasi kebakaran, sampai ditempat selanjutnya, loe harus antri lagi untuk masuk ke tenda yang ada tempat duduknya, huftttt!. Dan gw berhasil sampai tempat itu Cuma sama sicici, siti dan leha entahlah dimanaaa kalian.maafkan dakuuuu, aku dan cici kedorong2 jadi maju duluan dechhhh heheheh.

Akhirnya kamipun masuk kedalam, duduk manis, dandan lagi, benerin ini itu, ganti sepatu 7 cm (sepatu waktu gw jadi pengantin) hahaha 




udah duduk manis2, diminta geser kesebelah kanan, gak lama diminta geser lagi, lagi lagi dan akhirnya kami ada didepan tenda2 juri filter 1.


Pintu masuk menuju juri2 filter

Jadi ada 4 juri, juri filter 1 dan dua (sepertinya guru vocal), juri filter 3 (artis2 D’academy), dan terakhir juri Artis (seperti inul, nassar, ipul, dll) nahhhh kalau ada yang nyanyinya pas-pasan atau gayanya aneh2 bisa muncul di Tv, itu memang untuk pelengkap tayangan Audisi di Tv. Gak seru kan kalau yang ditayangin cuma yang dapat golden tiket aja, karena orang-orang yang gayanya lebay, suaranya pas-pasan dan aneh-aneh wae itu emang ada. Gw fikir tuh Cuma rekayasa asliiii lochhhh asli adaaaa. 

Terus gimana vaaa audisinya hasilnya gimana???

Maaffff SAYA GAGAL

Salahnya apa, gak disebutin, kurangnya apa, gak dikasih tau, tapiiiii gw merasa gw nyanyinya kayak orang gak niatttt hahaha
Why???
Aslinya gw grogi, karena baru audisi lagi, setelah 12 tahun tidak ikut audisi menyanyi, gw yang harusnya menyanyi dengan lantang ini tiba-tiba gw menyanyinya lesu gituuuu ampun dechhh gak habis fikir gw,  jadi kami masuk ketenda yang ada 15 kotak yang didalamnya terdapat juri2 audisi yang menurut gw guru2 vocal.nah gak semua kotak kami masuki, jadi terserah deh mau antri dikotak nomor berapa, didepannya ada nama-nama juri filternya, gw tadinya antri dikotak nomor 13, karena gw denger yang jadi Juri Filternya killerrrrrrr (suaranya kedengaran sampai luar karena penutupnya Cuma kain gitu) akhirnya gw pindah kekotak sebelah ajak si cici.dan pas antri di nomor 12, gw ajak cici pindah lagi dan dia gak mau.eh kata panitianya “Sama aja kok mbak” hehehe akhirnya gak jadi pindah.



Pas giliran gw....
JF (Juri Filter)
G (Gw)
JF : “Langsung Aja Ya” (Mukanya udah cape)
G : angguk2 “Iya”, Walaupun Cuma dua grammm cin....(lagunya iis dahlia, judulnya payung ireng ehhhh...payung hitam)”
JF :”Walaupun Cuma Dua gram Cincin yang engkau Ikatkannnn (sang Juri Filter bernyanyi dengan nada lantang, dan cengkok mantpssss) Oke makasih Ya, nomornya dicopot ya (sambil mau bantu copotin nomor audisi gw, dan ternyata susah copotnya lengketttt bener gak mau pisah dari gw...hahaha) ehm copotin sendiri deh (sambil senyum cape gitu).
G : “Owh iya”(sambil copotin nomor audisi gw) lalu dengan polosnya gw bertanya “gak lolos ya mbak?”
JF : *angguk sekali, senyum cape dan bilang “Iya”
G : “owh oke makasih yaa”

Arghhhhh kenapa gw gak coba minta kesempatan nyanyi sekali lagi yang bener, tadi kan lemes nyanyinya.pasrah ajaaaaa.ysdhlah hayati sudah lelah, hayati pulang saja.

btw hehehe agak narsis dikit nih, ini salah satu video smule gw kalau lagi nyanyi lagu dangdut, monggooooo kalau mau nilai bagus gak nya...ini gw duet dengan salah satu pengguna aplikasi Smule.



Ini Solo

Duet Sama Neng Rani DA3


Ini kalau lagi nyanyi lagu POP



Solo Dangdut (nyoba lagu yang pernah dibawain sama dede Lesti DA1 ternyata sulit hahaha)

Oke back to kisah Gw pas Audisi DA3, lalu setelah gagal Audisi gw pun melangkah dengan langkah letih, menuju gerbang ketidaklolosan(gerbang belakang indosiar). Gw tunggu si cici didepan gerbang, tuh anak kok lama banget yaaa keluarnya apa dia berhasil ya ke juri selanjutnya.ternyataaaaaa dia bernasib sama dengan gw, owh iya cici ini berprofesi sebagai asisten rumah tangga juga sama kaya siti dan leha, kalau dara gw gak tau apa profesinya.gw pun tau profesi mereka karena membaca data yang ada diformulir audisi mereka (gak sengaja lochhhhh bacanya).


 Para pejuang audisi da3 yang belum berhasil

termasuk Kami, ahahhaha

Nah itulah pengalaman gw ikut audisi DA3,

Sedikit saran dari gw :
1.     Berangkat lebih pagi
2.   Latihan jangan sebulan, dua bulan menjelang audisi kalau perlu setiap hari latihan perbagus segala aspek
3.     Bawa makanan, dan air lebih dari 1 botol
4.     Pas audisi loe wajib2 PD abissss
5.     Pas Audisi lantangkan suaramu , biar gak kayak gw
6.     Bawa obat-obatan
7.   Bawa payung (biar mengurangi sinar matahari terpapar ke loe, apalagi cw yang make-upnya bisa luntur karena kepanasan) berguna banget saat loe antri nunggu, klo cowo terserahlah ya mau payungan atau gak hehehe
8.    Print Sendiri Formulir pendaftarannya, Rugi banget kalau beli karena indosiar menyediakannya secara gratis di web dan dipos satpam indosiar
9.     Jangan lupa sarapan terlebih dahulu
Oke Thx All!.

NB : Gw suka dangdut belum lama, pas dari kelas 3 SMP, awalnya gw suka lagu POP dan pas SMP gw ngeband loch nama bandnya “Clamp Band”.hahaha tapi memang dangdut adalah ciri khas musik Indonesia. So jangan malu, gak dosa kok suka lagu dangdut yang dosa itu kalau loe nyanyi dangdut, pakai pakaian minim terus joged2 gak jelas didepan umum, dan gw bukan termasuk orang-orang seperti itu.Alhamdullilahi Robbil Alamin.


0 sambutan...: