Lakukan Kebiasaan Dibulan Ramadhan Dibulan-Bulan Lain


Ramadhan, bulan yang membuat Para muslim berbahagia. dibulan ramadhan bisa kita lihat banyak perubahan terjadi disetiap individu. yang biasanya shalat nya bolong-bolong jadi rajin, yang biasanya gak baca Al-quran jadi hobby baca Al qur'an. Dll. Nah ALangkah baiknya perubahan baik ini selalu kita lakukan di bulan-bulan selain Bulan Ramadhan. agar menjadi energi Positive dan perbaikan diri menuju kebaikan. Seperti :

1. Shalat Tepat Waktu, 
Terkadang karena sedang asik mengerjakan sesuatu seringkali ketika adzan berkumandang kita tidak segera beranjak untuk melaksanakan shalat. tapi seringkali saya lihat ketika bulan Ramadhan beberapa orang menjadi sangat disiplin dalam shalat, akan tetapi kembali kendur dibulan-bulan lain. menunda-nunda dari 5 menit sampai dengan 1 1/2 jam. bahkan ada yang shalat dzuhur ketika mendekati waktunya shalat Ashar. padahal dijam-jam sebelum nya dia bisa menghentikan kegiatan nya sejenak untuk shalat.

Sungguh baiknya apabila selalu shalat tepat waktu dikseharian kita, sehingga itu akan menjadi kebiasaan baik bagi diri kita.

Hadist Tentang Sahlat Tepat Waktu :

Abdullah Ibnu Mas’ud RA berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah, “Ya Rasulullah, amal perbuatan apa yang paling afdhal?” Beliau menjawab, “Shalat tepat pada waktunya.” Aku bertanya lagi, “Lalu apa lagi?” Beliau menjawab, “Berbakti kepada kedua orang tua.” Aku bertanya lagi, “Kemudian apa lagi, ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Berjihad di jalan Allah.” (HR. Bukhari).





2. Membaca Al-Qur'an, 

Membaca Al-Qur'an tidak diwajibkan minimal atau maximal berapa lembar perhari, membacanya selembar saja anda sudah mendapatkan pahala. jika merasa belum lancar membaca Al-Qur'an. Maka Ayo Rajinlah membaca nya agar menjadi lancar.

Allah SWT berfirman : “Bahawa sesungguhnya (yang dibacakan kepada kamu) itu ialah Al-Quran yang mulia (yang sentiasa memberi ajaran dan pimpinan), yang tersimpan dalam kitab yang cukup terpelihara, (Lauhul Mahfuzh), yang tidak disentuh melainkan oleh makhluk-makhluk yang diakui bersih suci; al-Quran itu diturunkan dari Allah Tuhan sekelian alam.”
3. Biasakan Shalat Dhuha

Jika tidak sempat shalat Dhuha dirumah, maka Shalat Dhuha lah dikantor. Jangan Hanya karena takut Make-Up Luntur, maka anda tidak mau shalat Dhuha. Walau Awalnya Malas pasti lama-lama akan terbiasa.

Salah 1 Hadist Tentang Shalat Dhuha :

Sesungguhnya Rasulullah saw bersabda: “Shalat dhuha itu (shalatul awwabin) shalat orang yang kembali kepada Allah, setelah orang-orang mulai lupa dan sibuk bekerja, yaitu pada waktu anak-anak unta bangun karena mulai panas tempat berbaringnya.” (HR Muslim).



4. Bersedekah,

Bersedekahlah karena Ikhlas, karena Allah Swt Maha Tau atas dasar apa kita bersedekah. apa hanya karena mau dipuji, atau sekedar mau pamer. jelas berbeda maksud dan tujuan nya. apabila dibandingkan dengan seseorang yang ikhlas bersedekah semata hanya karena ALLAH SWT.

Diriwayatkan dari Abu Musa ra. : 

Nabi Muhammad Saw pernah bersabda, “setiap muslim harus bersedekah”. Seseorang bertanya, “ya Rasulullah ! jika seseorang tidak memiliki apa pun untuk disedekahkan, apa yang harus ia lakukan?” Nabi Muhammad Saw bersabda, “ia harus bekerja hingga memperoleh upah dan memberikan sedekah”. Lebih jauh orang-orang bertanya, “bagaimana jika hal itu pun tidak bisa ia lakukan?” Nabi Muhammad Saw menjawab, “tolonglah orang yang membutuhkan pertolongan”. Orang-orang berkata, “jika ia tidak dapat melakukan hal itu?” Nabi Muhammad Saw bersabda, “maka ia harus mengerjakan semua perbuatan baik dan menghindari semua perbuatan buruk dan hal ini akan diperhitungkan sebagai pahala bersedekah”.

5. Menjaga Kebersihan, 

Menjaga kebersihan jangan hanya dilakukan menjelang bulan Ramadhan, selalu jagalah kebersihan untuk menjaga kesehatan. menjaga kebersihan juga termasuk ibadah. Allah Swt menyukai Kebersihan. 

Kebersihan adalah sebagian dari Iman, jadi apa masih malas menjaga kebersihan?

Dari Aisyah r.a, Rosululloh SAW bersabda : Islam itu agama yang bersih, maka hendaknya kamu menjadi orang yang bersih, sesungguhnya tidak akan masuk surga kecuali orang-orang yang bersih (H.R.Tobroni)




6. Memperbanyak Dzikir Dengan Menyebut Nama Allah Swt

Memperbanyak dzikir merupakan amalan yang baik, dapat menentramkan hati dan pikiran. 

Allah Ta’ala berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi & petang. Dialah yang memberi rahmat kepadamu & malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman.” (QS. Al-Ahzab: 41-43)




7. Tidak Bergosip, 

Keuntungan bagi orang yang senang bergosip hanyalah dapat mengisi waktu luang mereka yang sebenarnya bisa dimanfaatkan dengan hal-hal lain yang lebih berguna. seperti membersihkan rumah, membaca artikel-artikel islami, atau membaca Al-Qur'an. Nah biasakan tidak bergosip dikeseharian kita, jangan menganggap tidak bergosip hanya di bulan Ramadhan saja, hanya karena takut puasanya batal. 




8. Tahan Diri Atas Nafsu Amarah

Amarah dapat menimbulkan permusuhan, sifat negative bahkan memutuskan tali silahturahmi (Astagfirullah Al Azim) karena itu Tahanlah diri Atas Nafsu Amarah.

Syeikh Imam al-Ghazali, dalam Kitab Ihya’ Ulumuddin nya mengatakan, “Barangsiapa tidak marah, maka ia lemah dari melatih diri. Yang baik adalah, mereka yang marah namun bisa menahan dirinya.”



9. Memperbanyak Pengetahuan (Ilmu) Islam

Ilmu tak kan pernah ada habisnya, menuntut ilmu adalah sesuatu yang mulia. maka perbanyaklah menuntut ilmu dan berbagilah ilmu tersebut dengan orang lain.

Niscaya Allah akan meninggikan beberapa derajat orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Qur’an Al mujadalah 11)
Menuntut ilmu wajib atas tiap muslim (baik muslimin maupun muslimah). (HR. Ibnu Majah)
Seseorang yang keluar dari rumahnya untuk menuntut ilmu niscaya Allah akan mudahkan baginya jalan menuju Syurga (Shahih Al jami)



10. Merajut Kebaikan

Walaupun mungkin ada beberapa orang yang iri, dengki, atau malas dengan Anda. tetapi tetaplah bersikap baik kepadanya. walaupun itu sulit pada awalnya, namun akan berbuah keberkahan pada akhirnya.

Kebaikan Menghapus Kesalahan

Dari Abu Zar, Jundub bin Junadah dan Abu Abdurrahman, Mu’az bin Jabal radhiallahuanhuma dari Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam beliau bersabda : Bertakwalah kepada Allah dimana saja kamu berada, iringilah keburukan dengan kebaikan niscaya menghapusnya dan pergauilah manusia dengan akhlak yang baik “




Semua Gambar Bersumber Dari : KOMIK MUSLIMAH

Mari Lakukan Semua Kebiasaan Baik Dibulan Ramadhan di Bulan-Bulan Lain, Kelak akan menjadikan kita sebagai muslimah yang baik. Trima Kasih.

Dan Update Terbaru :

Alhamdullilah Artikel Ini Mendapatkan Awards Dari KOMIK MUSLIMAH


Trima Kasihhhhh  KOMIK MUSLIMAH !!!. (^_^).

0 sambutan...: